ZAINAB BINTI KHUZAIMAH, IBUNDA ORANG-ORANG MISKIN

Hanya Ilustrasi
Sahabat | Nama lengkap beliau adalah Zainab binti Khuzaimah ra. bin Al-Harits bin Abdullah bin Amr bin Abdu Manaf bin Hilal bin Amir bin Sha’sha’ah Al-Hilaliyah. Dinikahi Rasulullah setelah Hafsah binti Umar bin Khattab.

Zainab binti Khuzaimah termasuk kelompok orang yang pertama-tama masuk Islam dari kalangan wanita. Yang mendorongnya masuk Islamnya adalah karena akal pikirannya yang baik, menolak perbuatan syirik dan penyembahan terhadap berhala dan beliau selalu menjauhkan diri dari perbuatan jahiliyah.

Beliau adalah istri Rasulullah yang sangat dermawan dan penyabar. Selain itu, beliau memiliki julukan “Umul Masakin (ibunda orang-orang miskin)”. Kenapa beliau mendapat julukan umul masakin?

Karena beliau adalah seorang  wanita yang sangat belas kasih terhadap sesama, terlebih kepada kaum miskin.  Zainab juga dikenal sebagai istri Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam yang senang meringankan beban saudara-saudaranya.

Walau keadaannya tidak sekaya orang lain, akan tetapi Zainab binti Khuzaimah tidak surut semangatnya untuk membantu dan menyedekahkan apa yang ia miliki kepada orang yang membutuhkan.

Sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Atha bin Yasir beliau mengatakan, bahwa Zainab binti khuzaimah pernah mempunyai seorang budak hitam dari Habasyah. Ia sangat menyayangi budak itu, hingga budak tersebut tidak merasa diperlakukan layaknya seorang budak, justru dia malah merasa diperlakukan layaknya seorang kerabat/ saudara dekat.

Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah menyatakan pujian kepada Ummul Mukminin Zainab binti Khuzaimah dengan sabdanya, Ia benar-benar menjadi ibunda bagi orang-orang miskin, karena selalu memberikan makan dan bersedekah kepada mereka”.

Mudah-mudahan rahmat allah senantiasa diturunkan kepada ibunda kaum miskin (Zainab binti Khuzaimah), dan orang-orang yang senantiasa mengikuti jejaknya hingga hari kiamat kelak. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar