Zainab Binti Jahsy, Wanita Yang Dermawan

Ilustrasi Wikipedia
Beliau adalah Zainab binti Jahsy bin Rabab bin Ya`mar. Ibunya bernama Umayyah binti Muthtalib yang merupakan paman Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi pada asalnya Zainab binti Jahsy adalah keluarga dekat Rasulullah.

Zainab binti Jahsyi dikenal sebagai seorang wanita pertama-tama masuk Islam, ikut berjihad dan berhijrah. Dikenal juga sebagai penyabar dan zuhud.

Lebih dari itu, beliau adalah wanita yang sangat cantik dan suka bersedekah. Sehingga Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam  pernah bersabda di hadapan para istri-istri-Nya: “Orang yang paling cepat menyusulku di antara kalian adalah orang yang paling panjang tangannya…”

Maka para istri nabi saling mengukur tangan mereka tapi mereka tidak menemukannya. Sampai ketika Zainab telah wafat mendahului mereka semua. Yang berarti tangan panjang adalah yang paling dermawan.

Keunggulan lain beliau adalah satu-satunya wanita yang dinikahkan dari atas langit yang ketujuh oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Suatu hari manakala Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam sedang berbincang-bincang dengan Aisyah tiba-tiba beliau pingsan.

Setelah bangun, beliau tersenyum seraya bersabda, “Siapakah yang hendak memberikan kabar gembira kepada Zainab?”, kemudian beliau membaca ayat yang baru saja turun yaitu surat Al-Ahzab ayat 37 (dibaca sendiri ayatnya ya).

Allah Subhanahu wa ta’ala menikahkan Zainab Radhiyallahu ‘anha dengan Nabi-Nya melalui ayat-Nya. Tanpa wali, dan tanpa saksi, sehingga ini menjadi kebanggaan Zainab di hadapan Ummahatul Mukminin yang lain. Beliau berkata, “Kalian dinikahkan oleh keluarga kalian, akan tetapi aku dinikahkan oleh Allah dari atas Arsy-Nya.”


Ajal menjemput beliau pada tahun 20 Hijriyah pada saat berumur 53 tahun. Amirul mukminin Umar bin Khaththab, turut menshalatkan beliau. Penduduk Madinah turut mengantarkan jenazah Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy hingga ke Baqi’. Beliau adalah istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang pertama kali wafat setelah wafatnya Rasulullah. Semoga Allah merahmati wanita yang paling mulia dalam hal wali, dan yang paling panjang tangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar