SHAFIYYAH BINTI HUYAY | Senang Melihat Kebahagian Orang Lain

Image result for SHAFIYYAH BINTI HUYAY Senang Melihat Kebahagian Orang Lain
Ilustrasi
Nama lengkapnya adalah Shafiyyah binti Huyay bin Akhthab. la adalah putri pemimpin Yahudi Bani Quraizhah, Huyai bin Akhthab. Ayah Shafiyyah adalah pemimpin terbesar kaum Yahudi. Memang tak banyak yang tahu bahwa di kalangan istri-istri nabi ada yang berasal dari kaum Yahudi.
Shafiyyah menjadi salah satu tawanan yang ditawan oleh kaum Muslimin setelah berhasil menghancurkan kaum yahudi kabilah bani Quraizhah dan bani Nadzir di Khaibar. Atas sikap mereka mengingkari perjanjian Hudaibiyah, terlebih lagi Huyay menghasut kaum Quraiys untuk menyerang kaum muslimin.
Shafiyyah dikenal sebagai orang yang bertakwa, bersih, dan matanya selalu basah karena menangis.  Ibnu Katsir menuturkan bahwa Shafiyyah adalah seorang yang sangat menonjol dalam ibadah, kezuhudan, kebaikan, dan shadaqah. Ia juga seorang istri yang penuh ketulusan dan kejujuran dalam mahligai hidup bersama Rasulullah. Bahkan ketika Rasulullah sakit Shafiyyah  pun berkata; “Wahai Nabi, sesunggunya aku lebih senang jika penyakit yang dideritamu itu pindah ke tubuhku”.

Selain itu, ia pandai memberikan kesan kepada orang-orang yang baru dikenalnya, seperti kepada putri Rasulullah Fatimah Az-Zahra, Shafyyah memberikan anting-anting emas yang terpasang di kedua telinganya. Selepas kepergian Rasulullah, hatinya semakin menunjukkan ketakwaan kepada Allah. Ia pernah berkata bahwa ia selalu ingin melihat kebahagiaan orang lain. Terlihat ketika Ustman bin Affan Radhiyallahu 'Anhu mendapatkan tekanan dari orang-orang dzalim, Shafiyyah senantiasa mengirimkan makanan dan minuman untuknya.

Selama hidupnya dihabiskan dengan penuh ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala hingga ajal menjemputnya untuk menghembuskan napas terakhir pada tahun 50 hijriah, sekitar 40 tahun setelah Rasulullah wafat. Shafiyyah, meninggalkan kita wahai para muslimah dengan kesempurnaan imanya, hingga ia menjadi Ummul Mukminin yang patut kita teladani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar