Keistimewaan Bulan Ramadhan - Majalah Sahabat

Assalamu’alaikum Sahabat Semua… Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan Pasti senang sekali kan, dengan kehadirannya? Nah, sudah saatnya kita mempersiapkan diri untuk menyongsong bulan suci ini. Sahabatku…. Kali ini Majalah Sahabat akan membagikan informasi tentang keistimewaaan Bulan Ramadhan. Apa saja sih keistimewaan-keistimewaanya? Selengkapnya, yuk simak video berikut:
1. BULAN DITURUNKANNYA AL QUR’AN Sahabatku… Bulan Ramadhan ini sangat mulia dan istimewa, karena bulan dipilih Allah untuk diturunkannya Al-Qur’an. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah, ayat 185 yang artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185) Seorang Ulama’ bernama Imam Ibnu Katsir mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. 2. SETAN-SETAN DIBELENGGU, PINTU-PINTU NERAKA DITUTUP DAN PINTU-PINTU SURGA DIBUKA Sahabatku… Keistimewaan berikutnya adalah Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Keistimewaan ini tentunya tidak terdapat pada bulan lain selain Ramadhan. Hal ini bisa kita simak pada hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim) Nah sahabatku, kapan lagi kesempatan emas ini bisa kita dapatkan selain di bulan Ramadhan? Yuk, jangan sia-siakan ya….. 3. DO’A DIKABULKAN Sahabatku…. Nah keistimewaan bulan Ramadhan yang lainya adalah, Bahwa InsyaAllah do’a-do’a kita dikabulkan oleh Allah Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (Hadits Riwayat. Al Bazaar) Adapun dalam hadits yang lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”. (Hadits Riwayat. At Tirmidzi) MasyaAllah… kita harusnya senang dan gembira menyambut bulan Ramadhan karena InsyaAllah do’a-do’a kita akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala… 4. ADA MALAM YANG LEBIH BAIK DARIPADA 83 TAHUN Sahabatku… Didalam bulan Ramadhan ini. Terdapat satu malam yang dipenuhi dengan keberkahan dan kemuliaan. Serta nilainya lebih baik dari pada seribu bulan. Satu malam tersebut adalah malam Lailatul Qodar Hal ini bisa kita simak dari firman Allah. Dalam Surat Al-Qadr yang artinya; ”Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran pada lailatul qadar (atau malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3). Sahabatku… Wah bener nih? Satu malam lebih baik daripada Seribu bulan? Iya bener, seribu bulan.
Yuk kita hitung. Jika 1 tahun sama dengan 12 bulan 1.000 bulan : (dibagi) 12 bulan (1 thn) = 83,3 Tahun. Apakah umur sahabat yang sekarang sudah 83 tahun?

Inilah keistimewaan bulan Ramadhan. Jika bisa mendapatkan malam lailatul qadar, beribadah, membaca al-qur’an, sholat, sedekah dan lain-lain, Maka pahalanya lebih baik daripada kita beribadah di waktu-waktu yang lain… MasyaAllah… Kwereen banget kaannn… Sahabatku… Itu tadi keistimewaan-keistimewaan bulan suci Ramadhan. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi motivasi untuk kita semuanya Yuk, kita bergembira dan ceria ketika menyambut tamu istimewa Yuk, pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya… Follow Akun Media Sosial Majalah Sahabat Facebook: https://www.facebook.com/majalahsahab... Instagram: https://www.instagram.com/majalahsaha... Twitter: https://twitter.com/MajalahSahabat Creative Video Creative Director: @amriadits Script Writer: Imam Saridho Photo & Cover Design: Amriadi Al Masjidiy Voice Over: A.S.A Video Production: Majalah Anak Sahabat Published: SahabatPress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar