Tontonan Jadi Tuntunan


Sahabatku, tahukah kalian bahwa Agama Islam sangat memperhatikan tentang waktu. Iya waktu, bagaimana kita memanfaatkan waktu dengan baik. Lalu, bagaimana dengan waktu kalian? Apakah kalian sudah memanfaatkan waktumu sebaik mungkin?


Ada pepatah yang mengibaratkan bahwa “waktu seperti pedang”, jika kita lengah dengan waktu, maka kita akan terhunus pedang tersebut. Ada juga pepatah yang menyebut bahwa “waktu adalah  uang”, artinya jika kita dapat mengunakan waktu dengan baik, akan menguntungkan diri kita sendiri.


Orang-orang hebat yang kita kenal adalah mereka yang dapat menggunakan waktu dengan baik. Seperti Imam Syafa’i, seluruh waktunya digunakan untuk  menuntut ilmu sehingga menjadikan Beliau seorang Ahli Ilmu Agama. Muhammad Al Fatih seorang yang berhasil menaklukkan Konstatinopel dalam usia muda, waktunya dihabiskan untuk belajar ilmu dan belajar ilmu perang.


Lalu bagaimana dengan kalian? Apakah waktumu banyak dihabiskan hanya untuk menonton televisi saja? nge-games atau berlama-lama bermain HP? Padahal banyak dari yang kita lihat di televisi, games atau Hp tersebut adalah hal-hal yang kurang bermanfaat, hanya kesenangan saja dan menghabiskan waktu dengan percuma. Bahkan tidak jarang, kita meniru hal yang tidak baik dari apa yang dilihat atau tonton dari televisi, games atau HP. Bicara kasar dan keji seperti bodo, goblok, anjir, busyet, mampus, dan lain-lain,  sering kita dengar di lingkungan sekitar. Tidak hanya dalam hal berbicara, ada juga yang berupa tindakan, seperti gampangnya seseorang menampar atau menendang orang lain hanya karena kesalahan kecil yang dibuatnya. Bahkan ada yang sampai membunuh seseorang akibat terlalu sering menonton film pembunuhan ataupun adegan pertikaian. (Na’udzubillah)


Apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai anak muslim? Yuk, mulai sekarang kita hanya memilih tontonan yang baik saja, serta mengisi waktu  dengan hal-hal yang baik atau positif. Seperti rajin ibadah, membantu orang tua, membaca Al-Qur’an, membaca buku, mendengarkan murotal, lihat video atau tayangan yang menambah ilmu dan wawasan, belajar kelompok, berolahraga, menulis cerita, menggambar, membuat kreasi tangan ataupun kegiatan positif lainnya.


Yuk, kita perhatikan sabda Rasulullah berikut:

Dari Amru bin Maimun bin Mahran, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw  berkata kepada seorang pemuda dan menasehatinya, “Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, (4) Masa kayamu sebelum miskinmu, (5) Hidupmu sebelum matimu”
 

Nah Sahabatku,  Jadikan waktumu bermanfaat bagi dirimu sendiri. Jangan jadikan tontonan menjadi tuntutan, artinya jangan sampai semua perbuatanmu dan bicaramu mengikuti apa yang sering kamu lihat di televisi, games atau hp  tersebut. Wallahu’alam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar