Khadijah Ibunda Umat Muslim

Hasil gambar untuk khadijah 
Beliau adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Qushai bin Kilab. Nasabnya bertemu dengan Rasulullah pada Qushai, yang menunjukkan Rasulullah dengan Khadijah masih memiliki garis keturunan yang sama dari Nabi Ismail bin Ibrahim ’Alaihimassalam.
Khadijah dilahirkan pada tahun 556 M, lima belas tahun sebelum tahun gajah. Dalam nasab, dirinya berada pada kalangan menengah dalam suku Quraisy, yang paling tinggi kemuliaannya. Sampai dirinya dikenal dengan wanita suci dari hal-hal buruk yang dilakukan para wanita pada zaman jahiliyah.
Khadijah memiliki kedudukan yang luar biasa di hati nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Diantaranya, Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam enggan menikah lagi selama Khadijah masih bersama-Nya.
Beliau adalah wanita yang paling mulia umat ini. Imam adz-Dzahabi mengatakan tentang beliau: ‘(Khadijah) Seorang yang sangat cerdas lagi terhormat, teguh beragama, terjaga dari sifat keji, yang termasuk penghuni surga. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam biasa memujinya dan mengutamakan dirinya dari semua istri-istri-Nya. Sehingga beliau sangat mengaguminya, sampai kiranya Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan: ‘Aku tidak pernah merasa cemburu terhadap madu yang lainnya melebihi kecemburuanku pada Khadijah, dikarenakan saking seringnya Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam menyebut-nyebut dirinya’.
Dari Khadijah lahir anak-anak rasulullah, dua laki-laki yang bernama Qosim, dan Abdullah. Dan empat wanita yang bernama Zainab, Ruqoyyah, Ummu Kultsum dan Fatimah.
Dirinya adalah orang pertama yang beriman dan percaya kepada Rasulallah shalallahu’alaihi wa sallam sebelum ada seorangpun yang beriman padanya. Beliau yang meneguhkan Nabi supaya tetap teguh, serta membawanya kepada anak pamannya Waraqah. Dan Allah Shubhanahu wa ta’alla telah menyuruh Nabi-Nya supaya memberi kabar gembira kepadanya, dengan rumah di surga dari emas yang tidak ada kebisingan serta rasa capek di dalamnya.
Disebutkan dalam sebuah hadits, yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan: ‘Pada suatu ketika Jibril mendatangi Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam sambil mengatakan pada beliau:

“Wahai Rasulallah shalallahu’alaihi wa sallam, Ini Khadijah telah datang. Bersamanya sebuah bejana yang berisi lauk, makanan dan minuman. Jika dirinya sampai, katakan padanya bahwa Allah dan diriku (Jibril) mengucapkan salam untuknya. Dan kabarkan pula bahwa untuknya rumah di surga dari emas yang nyaman tidak bising dan merasa letih”. (HR Bukhari no: 3820. Muslim no: 2432).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar