DAMAI DI HARI RAYA

Ilustrasi
                         
Sahabatku, setelah shaum di bulan Ramadhan dan merayakan Idul Fitri adalah kedamaian yang kita rasakan. Betapa tidak, suasana berbagi dan saling memaafkan menghiasi hari-hari tersebut.

 Kaum muslimin se-tanah air, senegara bahkan sedunia merayakan hari kemenangan setelah Ramadhan ini. Mereka berkumpul di mejid besar dan di lapangan untuk melaksanakan sholat Ied. Pada saat itu, terlihat sosok-sosok berbalut busana muslim-muslimah dengan wajah-wajah syahdu dan senyum tersungging yang berjalan di pagi hari.  Serasa damai hari itu.

Damai itu indah. Kedamaian itulah yang selalu Rasulullah pancarkan pada kepemimpinan Beliau.  Setiap kaum yang berselisih paham, berhasil Rasulullah damaikan tanpa ada pertengkaran. Rasulullah sangat bijaksana. Beliau tidak berhasil dihasut dan tidak memihak pada salah satu kaum yang bertikai. Melainkan Beliau  selalu tabayun artinya mendengarkan keduabelah pihak dulu, barulah diambil keputusan. Begitulah seharusnya seseorang yang memimpin. Sehingga tidak ada satu pihak pun yang kecewa.

Kedamaian ada dalam Islam. Suasana damai itulah yang harus kita jaga di hari-hari bulan Ramadhan dan bulan-bulan yang lainnya. Hindarilah permusuhan, bertengkar dengan teman, saling mengejek, meremehkan orang lain, dan sebagainya. Ciptakan kerukunan dan kebersamaan dengan tidak mementingkan diri sendiri, egoisme dan kepentingan kelompok atau teman dekat. Menebarkan senyum dan salam bisa menciptakan kedamaian. Kedamaian adalah ciri terwujudnya ukhuwah islamiyah.Umat Islam akan kuat, manakala kita sebagai anak muslim hidup rukun, saling menghormati dan menghargai. Anak muslim juga harus mau minta maaf dan memaafkan bila ada kesalahan, serta bisa mendamaikan temannya yang bertengkar. Perhatikan deh ayat al-Qur’an berikut:
  
“Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10)


Yuk, mulai sekarang kita perhatikan lingkungan sekitar. Ciptakan kerukunan dan kebersamaan serta peduli pada yang lain. Tidak hanya diri kita saja yang diperhatikan.Terlebih di suasana Hari Raya Idul Fitri ini. Ternyata, banyak teman kita yang hidupnya tidak seberuntung kita. Kepedulian kita terhadap mereka akan menciptakan kedamaian di hati mereka. Damai bersama di hari raya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar