ASI IMUNITAS TUBUH YANG ALAMI


Sahabat | Sewaktu kita bayi, saat lapar atau menangis, ibu akan menyusui kita. Air susu ibu (ASI) membuat kita menjadi kenyang dan berhenti menangis. Bahkan dekapan ibu saat menyusui membuat kita tertidur. Tapi,  tahukah Sahabatku kalau kasih sayang Allah kepada kita tercurah lewat kasih sayang seorang ibu. Yaitu lewat anugerah ASI.

Para ahli telah meneliti manfaat ASI yang sangat penting bagi si bayi.  ASI sangat berguna bagi kekebalan tubuh si anak. Anak yang disusui ibu akan lebih tahan terhadap penyakit. Hal ini karena ASI mengadung beberapa macam zat antibodi.

Setiap makhluk yang lahir dibekali sistem kekebalan tubuh oleh Allah. Di dalam ASI ada kekebalan tubuh yang ditujukan untuk menangkal masuknya berbagai zat asing dari luar tubuh yang dapat menimbulkan kerusakan atau penyakit, seperti bakteri, virus, parasit atau zat berbahaya lainnya. 

Kerusakan pada sistem pertahanan ini akan memudahkan masuknya kuman atau zat asing ke dalam tubuh, misalnya kulit yang luka, gangguan keasaman lambung, gangguan gerakan usus atau gangguan proses pemusnahan kuman/zat asing oleh leukosi (sel darah putih).

ASI juga sering disebut sebagai darah putih karena mengandung sel-sel yang penting dalam pemusnahan (fagosit) kuman dan merupakan perlindungan pertama pada saluran cerna bayi. Para ahli menemukan makrofag dan limfosit di dalam ASI.

Oleh karena itu, jauh sebelum para ahli menyampaikan hasil penelitian tentang manfaat ASI, Allah telah memerintahkan setiap ibu agar menyusui anaknya. Seperti dalam firman-Nya berikut:
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf…(Al-Baqarah [2]: 233)

Masya Allah, perintah Allah kepada setiap ibu untuk menyusui anaknya sudah ada dalam Al-Qur’an sejak ribuan tahun yang lalu. Sungguh Allah sebagai Sang Pencipta lebih mengetahui apa yang dibutuhkan setiap makhluknya, termasuk kebutuhan seorang bayi.


Nah Sahabatku, ayo kita cintai Al-Qur’an. Pelajarilah terus Al-Qu’an. Jangan kamu jauh dari Al-Qur’an yang merupakan sumber segala ilmu. Apa yang ilmu pengetahuan temukan telah ada di dalam Al-Qur’an kebenarannya.

Ibrah yang dapat diambil
1.      Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Sahabat, ternyata imunitas tubuh kita yang paling pertama kita dapatkan adalah dari air susu ibu, itulah imunitas pertama dan alamai yang Allah berikan kepada kita sebagai modal tumbuh kembang kita.

Maka selayaknyalah kita berbuat baik dan berbakti kepada ibu kita, karena pengorbanan ibu untuk kita tidak terhitung banyaknya.


2.      Ada hikmah disetiap perintah Allah.

Pasti ada hikmah disetiap perintah Allah, perintah Allah kepada kaum ibu untuk menyusui anaknya selama dua tahun. Ternyata ilmu pengetahuan modern mengungkap hikmah dan manfaat penting dari ASI untuk tumbuh kembang bayi. Menguatkan imunitasnya secara alami, menangkal virus-virus yang akan membahayakan kesehatan bayi. Sungguh maha sempurna ciptaan Allah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar